Jumat, 25 Mei 2018

JAGA KESUCIAN BULAN RAMADHAN,PANWASLU SLEMAN HIMBAU MASJID TIDAK DIJADIKAN AJANG KAMPANYE





Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Kabupaten Sleman tidak turut serta dalam Pilkada Serentak Tahun 2018. Oleh sebab itu, sesuai dengan ketentuan Pasal 276 Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum menyebutkan bahwa kampanye baru dapat dilaksanakan tiga hari setelah diumumkannya Daftar Calon Tetap ( DCT ) Anggota DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten / Kota, serta Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada bulan September 2018.

Berkaitan dengan memasuki bulan Ramadhan kali ini dan belum masuknya masa kampanye, sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum maka Panwaslu Kabupaten Sleman memiliki wewenang melaksanakan tugas pencegahan dan penindakan di wilayah kerjanya untuk menghimbau kepada pengurus tempat - tempat ibadah, khususnya masjid, di wilayah Kabupaten Sleman agar tempat ibadah tidak digunakan sebagai ajang untuk melakukan kampanye sesuai dengan yang tertera dalam Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280 Ayat ( 1 ).

Sehubungan dengan larangan kampanye di masjid ini, lebih ditegaskan lagi bahwa larangan kampanye di masjid meliputi kegiatan rohani yang berbentuk Khutbah Jum'at, pengajian, majelis taklim, kultum yang mengandung unsur kampanye. Selain itu juga pemasangan Alat Peraga Kampanye ( APK ) di lingkungan masjid / tempat ibadah berupa baliho, spanduk, rontek, poster, selebaran, dan sejenisnya yang menampilkan logo, nomor urut, dan citra diri Partai Politik atau perorangan dalam pencalonan DPD. Sesuai Pasal 521 Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017, pelanggaran terhadap hal ini diancam dengan pidana penjara paling lama 2 ( dua ) tahun dan denda paling banyak Rp. 24. 000. 000, 00 ( Dua Puluh Empat Juta Rupiah ).

Berita :
Lukman
 
Ilustrasi Foto :
Courtesy singgahkemasjid.blogspot.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DCS ANGGOTA DPRD SLEMAN DITETAPKAN, MASYARAKAT DIMINTA BERI MASUKAN DAN TANGGAPAN

Sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, KPU Kabupaten Sleman mengumumkan Daftar Calon Sementara ( DCS ) Le...