Minggu, 06 Mei 2018

17 PANWASCAM SEKABUPATEN SLEMAN MENGGELAR SOSIALISASI PENGAWASAN COKLIT DAN TATAP MUKA DENGAN ORMAS SECARA SIMULTAN




Sejak tanggal 13 April 2018 sampai dengan tanggal 2 Mei 2018, 17 Panwaslu Kecamatan se - Kabupaten Sleman secara simultan menggelar Sosialisasi Pengawasan Coklit ( Mutarlih ) dan Sosialisasi Tatap Muka Dengan Ormas di wilayah kerjanya masing - masing. Sosialiasi Pengawasan Coklit ( Mutarlih / Pemutakhiran Data Pemilih ) digelar sesuai dengan proses tahapan Pemilu 2019 yang telah sampai pada tahapan Pemutakhiran Data Pemilih oleh KPU. Sedangkan Sosialisasi Tatap Muka Dengan Ormas digelar dalam rangka meningkatkan peran dan partisipasi ormas di tingkat kecamatan untuk turut mengawasi dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

Dalam Sosialisasi Pengawasan Coklit atau Mutarlih, Panwaslu Kecamatan se - Kabupaten Sleman mengundang pihak - pihak terkait seperti Camat, Komandan Rayon Militer ( Danramil ), Kapolsek, PPK, PPS, Panwaslu Desa, stake holder tingkat desa dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih ). Sosialisasi Pengawasan Coklit diadakan untuk memberikan kesamaan pemahaman kepada para peserta sosialisasi tentang bagaimana seharusnya Tahapan Coklit dilakukan, sesuai dengan yang tercantum dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2018. Para peserta sosialisasi juga dapat mengetahui hal - hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Pantarlih ketika melakukan coklit sehingga ketika menemukan pelanggaran, para peserta sosialisasi dapat segera melaporkannya ke pihak - pihak terkait. 

Sementara dalam Sosialisasi Tatap Muka Dengan Ormas, Panwaslu Kecamatan mengundang stake holder tingkat kecamatan, stake holder tingkat desa, dan para pimpinan atau ketua Ormas yang ada di wilayah kecamatan. Sosialisasi ini diadakan dalam rangka memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang proses tahapan Pemilu 2019 kepada para perwakilan Ormas yang diundang dan nantinya diharapkan informasi yang telah didapatkan ketika mengikuti sosialisasi dapat diteruskan kepada para anggotanya. Sosialisasi Tatap Muka Dengan Ormas juga diadakan dalam rangka meningkatkan peran dan partisipasi Ormas di wilayah kecamatan untuk menyukseskan Pemilu 2019 dengan cara menjadi relawan pengawasan partisipatif. 


Berita   : Lukman
Foto     : Panwaslu Kecamatan Tempel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANWASLU SLEMAN TEMUKAN RIBUAN DPS BERMASALAH

Panitia Pengawas Pemilihan Umum ( Panwaslu ) Kabupaten Sleman menemukan ribuan Data Pemilih Sementara ( DPS ) Pemilu 2019 yang bermas...