Jumat, 20 April 2018

PANWASLU SLEMAN CANANGKAN GACO ( GERAKAN AWASI COKLIT )






Secara simbolis dengan membulatkan jari - jari tangan di depan mata menyerupai teropong, Ketua dan Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman mencanangkan Gerakan Awasi Coklit atau Gaco pada penutupan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilu di Kabupaten Sleman yang diadakan di Hotel Sahid Rich Jogja pada tanggal 12 - 13 April 2018. 

Seiring dengan Tahapan Pencocokan dan Penelitian ( Coklit ) atau Pemutakhiran Data Pemilih ( Mutarlih ) Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh KPU Sleman pada tanggal 17 April - 17 Mei 2018, Panwaslu Kabupaten Sleman meminta kepada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa se - Kabupaten Sleman untuk mengawasi dan mengawal  proses Coklit atau Mutarlih. 

Pengawasan dan pengawalan dilakukan guna memastikan Petugas Pantarlih telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dalam PKPU Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum. Diantara prosedur tersebut adalah bahwa dalam melakukan Coklit / Mutarlih, seorang Petugas Pantarlih harus mendatangi rumah satu per satu dan kemudian menempelkan stiker sebagai tanda bukti bawa rumah yang didatangi telah melalui tahapan Coklit.

Tahapan Coklit atau Mutarlih yang dilaksanakan oleh KPU Sleman bertujuan untuk menyesuaikan DP4 ( Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan ) yang diperoleh dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Daftar Pemilih Tetap terakhir diadakannya Pilkada / Pemilu. Hal ini bertujuan untuk memutakhirkan data pemilih sesuai dengan kondisi jumlah terkini penduduk di suatu tempat yang telah memiliki hak pilih.


Berita dan Foto : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKAIT APK,PANWASLU SLEMAN PERINGATKAN TUJUH PARPOL YANG MEMBANDEL

Tanggal 18 Mei 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sleman melayangkan Surat Peringatan 1 ( SP - 1 ) kepada tujuh Partai P...