Senin, 09 April 2018

DALAM SEHARI, 17 PANWASLU KECAMATAN SEKABUPATEN SLEMAN LANTIK 86 PANWASLU DESA




Sabtu tanggal 7 April 2018, secara simultan 17 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se - Kabupaten Sleman melantik 86 Panitia Pengawas Pemilu Desa. Menurut Vici Herawati selaku Anggota dan Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kabupaten Sleman, sesuai dengan Pedoman Pembentukan Panwaslu Kelurahan / Desa yang diterbitkan oleh Bawaslu Republik Indonesia Tahun 2018, 86 Panwaslu Desa yang dilantik adalah mereka yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan tes wawancara. Selain itu, Panwaslu Desa yang dilantik juga harus menyertakan surat keterangan sehat rohani dan bebas Napza dari instansi yang berwenang. 

Pada saat menyampaikan sambutannya dalam Pelantikan Panwaslu Desa se - Kecamatan Prambanan di Pendopo Candi Banyunibo, Vici Herawati menjelaskan bahwa tugas seorang Panwaslu Desa pada Pemilu Serentak Tahun 2019 nanti tidaklah mudah karena Panwaslu Desa merupakan ujung tombak pengawasan pelaksanaan Pemilu dan paling dekat dengan masyarakat, sehingga Panwaslu Desa juga harus tahan dari segala macam tekanan dan intimidasi ketika melaksanakan tugas dan wewenangnya. 

Di tempat lain, Ibnu Darpito selaku Ketua Panwaslu Kabupaten Sleman dalam sambutannya dalam Pelantikan Panwaslu Desa se - Kecamatan Pakem di Boyong Resto menerangkan bahwa seorang Panwaslu Desa harus memahami tugas dan wewenangnya sesuai dengan amanah Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu agar ketika bekerja nanti tidak menimbulkan konflik dan gejolak dalam masyarakat. 

Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Karim Mustofa, Anggota Panwaslu Kabupaten Sleman, dalam sambutannya di Pelantikan Panwaslu Desa se - Kecamatan Seyegan yang bertempat di Rumah Makan Genduk Wulan. Abdul Karim Mustofa mengatakan bahwa Panwaslu Desa merupakan ujung tombak pengawasan dan dalam bekerja harus memahami tugas dan wewenangnya sehingga tidak melampaui tupoksinya sebagai seorang Panwaslu Desa. Mewakili Panwaslu Kabupaten Sleman, Abdul Karim Mustofa juga menyampaikan selamat telah dilantik menjadi Panwaslu Desa dan mengucapkan selamat datang di keluarga besar Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Sleman. 

Berita dan Foto : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKAIT APK,PANWASLU SLEMAN PERINGATKAN TUJUH PARPOL YANG MEMBANDEL

Tanggal 18 Mei 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sleman melayangkan Surat Peringatan 1 ( SP - 1 ) kepada tujuh Partai P...