Minggu, 18 Maret 2018

PEMILU 2019 MAKIN DEKAT,PANWASCAM SEKABUPATEN SLEMAN BERSIAP BENTUK PANWASDES






Guna mengawal dan menyukseskan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019 yang semakin dekat, Panwaslu Kecamatan se - Kabupaten Sleman telah mengumumkan pendaftaran Pengawas Pemilu di tingkat desa atau Panwasludes. Kebutuhan Panwaslu Desa ini untuk mengawal Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten / Kota, Presiden dan Wakil Presiden yang akan diselenggarakan secara serentak di Indonesia pada tanggal 17 April 2019. Adapun pendaftaran dan penerimaan berkas calon Panwaslu Desa se - Kabupaten Sleman secara resmi dibuka pada tanggal 19 sd. 24 Maret 2018. Beberapa pesyaratan untuk dapat mendaftar sebagai calon Panwaslu Desa adalah minimal berusia 25 tahun saat mendaftar dan pendidikan minimal adalah SLTA / sederajat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sleman, Ibnu Darpito, menjelaskan bahwa sesuai dengan amanat Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pemilu, bahwa setiap desa akan ada satu orang Panwaslu Desa. Sedangkan untuk pendaftaran calon Panwaslu Desa setiap desa minimal ada dua orang pendaftar. Jumlah desa di wilayah Kabupaten Sleman ada 86 desa, sehingga nanti akan ada 86 orang Panwaslu Desa yang terpilih dan dilantik. Seleksi calon Panwaslu Desa terbagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi administrasi dan tahap kedua adalah wawancara. Pengumuman lolos seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2018. Wawancara bagi yang lolos seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 dan pengumuman lolos wawancara adalah pada tanggal 5 April 2018.

Hari Senin tanggal 17 Maret 2018 adalah hari terakhir pengumuman pendaftaran calon Panwaslu Desa. Pengumuman sudah tersebar di tiap - tiap papan pengumuman yang ada di Kantor Kepala Desa se - Kabupaten Sleman. Bahkan informasi tentang pendaftaran calon Panwaslu Desa sudah memviral di sosial media. Demikian menurut keterangan Vici Herawati, Anggota sekaligus Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kabupaten Sleman.

Keberadaan Panwaslu Desa ini sangat penting karena menjadi ujung tombak pengawasan dan penentu kualitas Pemilu di tingkat desa. Dengan pentingnya hal tersebut, Vici Herawati berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif menjadi pendaftar dan bisa bergabung dengan lembaga pengawas pemilu di tingkat desa. Semakin banyak pendaftar tentunya semakin banyak pilihan dan yang memiliki kredibilitas dan integritas baiklah yang nanti akan terpilih.

M. Abdul Karim Mustofa, selaku Anggota sekaligus Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Sleman, menjelaskan jumlah Panwaslu Desa ini terdiri dari satu orang di tiap desa. Namun demikian, Panwaslu Desa saat Pemilu 2019 tetap bisa maksimal dalam bekerja karena dibantu oleh Pengawas TPS. Proses seleksi Panwaslu Desa akan digelar secara transparan dan profesional oleh Panwaslu Kecamatan. Mereka yang dinyatakan lolos sebagai calon Panwaslu Desa akan dilantik pada tanggal 7 April 2018.


Berita  : Abdul Karim
Foto    : Lukman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANWASLU SLEMAN TEMUKAN RIBUAN DPS BERMASALAH

Panitia Pengawas Pemilihan Umum ( Panwaslu ) Kabupaten Sleman menemukan ribuan Data Pemilih Sementara ( DPS ) Pemilu 2019 yang bermas...