Rabu, 28 Februari 2018

MENUJU PILOT PROJECT DESA BEBAS MONEY POLITIC





Dasar hukum money politic adalah sebuah tindak pidana tercantum dalam Undang - Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pemilu Pasal 515 yang berbunyi "Setiap orang yang dengan sengaja pada saat pemungutan suara menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada Pemilih supaya tidak menggunakan hak pilihnya atau memilih Peserta Pemilu tertentu atau menggunakan hak pilihnya dengan cara tertentu sehingga surat suaranya tidak sah, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 ( tiga ) tahun dan denda paling banyak Rp. 36. 000. 000 ( tiga puluh enam juta rupiah )".

Pada saat pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu untuk memilih Calon Legislatif dan Calon Presiden - Calon Wakil Presiden adalah masa - masa yang rawan terjadinya praktek money politic. Anggota Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia, Ratna Dewi Pettalolo, bahkan secara tegas mengatakan bahwa money politic adalah racun demokrasi. Dapat merusak tatanan sosial dan dapat memecah - belah lapisan masyarakat. Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu selaku salah satu Penyelenggara Pemilu menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menolak praktek money politic dan berkoordinasi dengan stake holder terkait jika terjadi dugaan tindak pidana money politic.

Berangkat dari semangat untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan bebas money politic, pada tanggal 14 Februari 2018 Panwaslu Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Anggota Panwaslu Kabupaten Sleman, Vici Herawati, melakukan audiensi dengan Pemerintah Desa Bangunkerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman dalam rangka menjadikan Desa Bangunkerto sebagai pilot project desa bebas money politic di wilayah Kabupaten Sleman. Selaku Kepala Desa Bangunkerto, Anas Ma ' ruf, menyambut baik rencana ini dan akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait yang ada di lingkungan Pemerintah Desa Bangunkerto sehingga pilot project desa bebas money politic ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana.


Berita dan Foto : Lukman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERKAIT APK,PANWASLU SLEMAN PERINGATKAN TUJUH PARPOL YANG MEMBANDEL

Tanggal 18 Mei 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sleman melayangkan Surat Peringatan 1 ( SP - 1 ) kepada tujuh Partai P...